Cara Membuat Rawon Daging Sapi
Kembali lagi bunda bersama resep masak-masakan. Kali ini dalam artikel ini saya akan membagikan resep rawon daging. Rawon ada yang tahu rawon itu apa atau ada yang belum pernah makan atau ada juga yang sudah pernah dengan atau sudah pernah lihat di pinggir jalan namun belum mencoba. Kalau menurut saya pribadi sih rawan itu sejenis sop mungkin ya cuma warnanya hitam atau lebih kecoklatan itu sop daging yang hitam kecoklatan seperti itu sih cuma emang rasanya berbeda dari sop sapi.

Rawon itu hitam pertama Ya terus atau coklat gitu kemudian rasanya si gurih enak terus rasanya mungkin lebih ke Manis kalau saya cuma nanti bisa dikreasikan dengan sambal bisa nangis Irawan itu biasanya daging sapi itu ya kemudian daun bawang sama kecambah atau misalkan suka ditambahkan jeruk purut. Mungkin kurang lebih itu sih menurut saya Gambaran seperti apa sih rawon itu rasanya ya. Nah selanjutnya kita akan membagikan resep cara membuat rawon jadi kaya Mbak cuma lihat gambar dan meraba-raba rasanya seperti yang sudah saya deskripsikan sebelumnya. Yuk simak selanjutnya cara pembuatan rawon.

Maaf ya saya Hampir ada yang tau rawon itu makanan yang berasal dati mana?. Nih saya kasih tau rawon merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur ya Jadi kalian yang asli Jawa Timur pasti sudah akrab dengan lawan ini atau mungkin di Jogja atau daerah lain juga sudah banyak yang rawan ini dibuat. Let's go kita akan beberkan cara memasak rawon daging sapi.

Oke yang pertama yang perlu kita siapkan yaitu 500 gram atau setengah kilo sandung lamur daging sapi. Atau misalkan Bunda suka dengan sapi asli juga boleh jadi nggak ada lemak-lemak nya jadi memang empuk gitu ya boleh. Kita bersihkan dulu daging sapi atau sandung lamur nya ya kemudian kita rebus sampai matang boleh menggunakan panci presto agar cepat matang sekitar cukup nya ya Yang penting sampai empuk pokoknya baru kita potong-potong sesuai selera. Kemudian setelah itu kita akan siapkan bumbu-bumbunya sembari menunggu daging sapi empuk.

Bumbu bumbunya terdiri dari 3 lembar daun jeruk purut kemudian 2 Batang sereh kemudian 1 SDM air asam jawa kemudian garam dan kaldu sapi. Pujian untuk bumbu lainnya seperti garam kemudian pelengkap nya seperti daun bawang iris tipis-tipis ya Kemudian untuk bumbu ulek nya yaitu bawang putih sekitar 5 siung bawang merah 5 siung kemudian keluwak itu sekitar 1 buah ya jangan lupa diambil daging kluwaknya dipecah diambil mudah direndam di air panas agar mudah dikupas. Diulek lembut kemudian setelah bumbu ulek ini sudah Oh iya saya Hampir lupa ada yang belum tahu apa itu kluwek atau keluak.

Saya akan Jelaskan sedikit Apa itu keluak. Keluar di sini merupakan salah satu bumbu masakan rempah-rempah ya salah satu rempah-rempah dalam bumbu masakan salah satunya dalam pembuatan rawon ini. Nah warna hitam kuah dekat dari rawon ini merupakan hasil rempah-rempah bumbu kluwak ini. Luwak merupakan salah satu bumbu masakan yang sering dipakai di toraja yang disebut dengan pamarrasan. Nah citarasa keluar ini sangat khas Selain warna hitam pekat nya dicampur dengan gurihnya kaldu daging sapi keluar ini perpaduan yang sangat cocok dalam pembuatan rawon ini.

Oke kembali lagi ke persiapan dalam pembuatan lawan ya tadi sudah merebus daging sapi sudah direbus sampai empuk dan dipotong-potong sesuai selera kemudian kita siapkan juga bumbu ulek nya juga sudah setelah diulang bumbu ulek nya kita tumis ya sampai harum kemudian baru masukkan batang serai yang sudah di keprek kemudian daun jeruk purut tadi kemudian dimasak sampai harum baru di tambahkan kaldu sapi bersama keluarga yang sudah di ulek dengan bumbu tadi ya. Selanjutnya boleh dimasukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong tadi dan diaduk-aduk sampai mendidih. Selanjutnya kita akan menyiapkan toping-toping nya yang pertama yang perlu kita siapkan yaitu kecambah atau taoge boleh diberi air panas aja atau boleh pakai mentah sesuai selera Bunda ya. Selanjutnya kita siapkan juga irisan daun bawang tadi sudah ya dan juga boleh ditambahkan dengan bawang merah goreng jangan lupa. Ketika sudah kita tinggal koreksi rasa