Kembali lagi bunda bersama artikel tentang masak-masakan yang enak sederhana simple atau ada juga yang unik dan menarik untuk dicoba. Kali ini dalam artikel ini saya akan menjelaskan Bagaimana cara membuat wajik. Sebelum saya mulai menjelaskan cara membuat wajik ada yang belum tahu apa itu kue wajik. Menurut saya sih wajib ini biasanya kebanyakan ya itu dibuat di Pulau Jawa jadi jajanan pasar gitu bunda di pulau Jawa atau kue wajik ini juga terdapat di kalau ada orang hajatan ada orang acara-acara itu biasanya selalu ada kue ini. Kalau mungkin di daerah kalian di luar Jawa ada juga pembuatan kue wajik ini juga bisa di share ya bunda di artikel ini jadi atau komen ya Jadi kita semua bisa tahu kue wajik ini berasal dari mana aja ya. Kalau menurut saya sih kue wajik ini berasal dari Jawa biasanya terdapat di jajanan pasar ada kemudian hajatan orang nikahan orang sunatan orang 1000 hari atau orang pokoknya yang punya acara besar deh itu biasanya ada kue wajik ini.

Cara Membuat Wajik

Kalau zaman sudah modern ketika hajatan ada juga mereka membuat ke wajib sendiri atau ada juga yang cari simpel nya biasanya mereka pesan ke orang lain untuk pembuatan kue wajik ini. Nah mungkin Cukup sekian ya pengenalan tentang kue wajik ini Nah kita akan tahu bagaimana cara membuat kue wajik. Oh ya lupa saya belum mendeskripsikan Bagaimana sih rasa dari kue wajik ini atau mungkin di luar sana ada yang Bunda belum pernah merasakan kue wajik ini. Saya deskripsikan sedikit ya bagaimana rasa kue wajik ini secara tampilan kue wajik ini terlihat seperti jadah mungkin Bunda karena ini terbuat dari beras ketan yang dikukus ya Bunda jadikan Asik itu Bunda tapi teksturnya lengket karena berasal dari ketan ya. Dan warnanya coklat biasanya tingkat kecoklatan ini tergantung dari gula jawa nya yang kuning kecoklatan atau kuning coklat lebih gelap Gitu. Kemudian untuk rasanya sih jelas karena kue wajik ini terlihat coklat jelas rasanya manis legit gurih enak ya.

Selanjutnya kita akan masuk ke cara pembuatan kue wajik. Untuk pemula kita siapkan beras ketan ya kira-kira seperempat aja bunda karena kita akan mencoba atau boleh langsung setengah kg juga boleh Bunda sesuai selera pokoknya ketannya ya. Namun Disini saya akan membuat wajik nya dengan takaran seperempat kg beras ketan. Langkah pertama yang harus disiapkan yaitu beras ketan dicuci bersih kemudian direndam selama satu malam. Tujuannya agar beras ketan ini lembut dan tidak keras ketika dikukus nanti. Setelah itu kita cuci kembali rendaman beras ketan tadi brand kita akan kukus selama 20 menit.

Kemudian sembari menunggu beras ketannya matang kita akan siapkan bahan lainnya yaitu kelapa parut setengah tua tapi juga tidak terlalu muda ya tapi juga enggak terlalu tua juga pokoknya yang kelapa yang sedang-sedang aja jadi enggak terlalu tua ataupun juga tidak terlalu mudah. Kita butuh sekitar setengah buah kelapa yang sudah diparut ya boleh dipastikan kulit luarnya yang coklat coklat atau boleh nggak juga boleh.

Diparut sampai selesai kemudian setelah itu kita siapkan santannya Oh ya tadi kelapanya sih kalau bisa cuma ya Bunda karena saya lupa tadi karena kelapanya disini kita ambil santannya aja tidak perlu ampas kelapa nya kalau misalkan Bunda ada yang suka dan menggunakan ampas kelapa nya memang sebaiknya dengan menggunakan kelapa yang setengah muda jadi enggak terlalu tua dan juga terlalu mudah tapi kalau misalkan hanya kita ambil santannya kita pakai yang kelapa tua agar lebih banyak santannya dan rasanya lebih gurih.

Dalam resep ini saya hanya akan menggunakan santan nya saja jadi kita akan ambil kapayang to Astra Yang Yang separuh kelapa tua kemudian kita tahu dan ambil santannya sampai kental. Setelah itu kita siapkan gula jawa sekitar seperempat sampai setengah kilo pilih gula jawa yang warnanya hitam pekat atau yang coklat lebih kecoklatan tua gitu ya. Kalau misalkan bunda di rumah punya gula aren juga lebih bagus bunda menggunakan gula aren karena gula aren mungkin manisnya nasi lebih gurih lebih enak dan warnanya juga lebih coklat.