Resep Bubur Ayam Jakarta-Halo Kembali lagi bersama artikel tentang masak-masakan. Kali ini dalam artikel ini saya akan membagikan resep bubur ayam jakarta. Apa sih istimewanya bubur ayam Jakarta ini atau ada yang belum pernah membuat sendiri bagaimana cara membuat bubur ayam Jakarta ini. Atau ada yang sudah pernah mencoba makan bubur ayam Jakarta ini di daerah kalian atau di sekitar kalian tapi belum pernah membuatnya. Ada yang penasaran Bagaimana cara membuat resep bubur ayam Jakarta. Oke simak baik-baik artikel ini Ya silahkan kalian baca baik-baik sehingga kalian bisa mencobanya.

Baca juga : Cara membuat nasi uduk

Pertama-tama kita akan menyiapkan bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam membuat bubur ayam Jakarta ini. Sebenarnya sih simpel ya bubur ayam Jakarta ini. Oke kita lanjut bahannya bahan yang diperlukan yaitu kita buat bubur dulu aja ya kalau bubur jelas ya bahannya yaitu beras. Kita cuci beras sampai bersih kemudian kira-kira satu gelas aja kita akan membuat sedikit aja ya terus kemudian diberi air yang 2 kali yang banyak ya kira-kira ya 5 gelas air. Kemudian masak dalam panci yang diberi daun salam agar buburnya harum. Tutup panci sehingga nanti berasnya berubah menjadi nasi dan kemudian misalkan kurang air ditambahkan ya agar jadi bubur tapi usahakan memasaknya dengan menggunakan api kecil agar  nasi yang paling bawah tidak gosong. Kemudian sembari menunggu kita membuat bubur kita akan menyiapkan bahan-bahan pelengkap nya seperti ayam daun bawang kemudian keledai kemudian ditambal kemudian kerupuk.

Resep Bubur Ayam Jakarta

Resep Bubur Ayam Jakarta

Oke kita akan satu persatu ya Kita sesuaikan satu persatu yang pertama kita akan menggoreng kedelai yang pertama sebelum menggoreng kedelai kedelai ini dicuci bersih ya sebelumnya sudah direndam sekitar 1 malam ya agar nanti kerjanya mudah matang dan tidak terlalu keras ya Jadi tetap empuk walaupun goreng. Jadi kedelai yang sudah direndam semalaman itu kita cuci bersih kemudian kita masukkan ke dalam minyak yang sudah mendidih atau minyak panas ya jadi digoreng sampai kering diaduk-aduk ya sampai kedelai itu biasanya kalau kering itu mengapung. Setelah semua kedelai matang mengapung semua kita tiriskan.

Selanjutnya kita akan memotong motong daun bawang dipotong kecil-kecil ya tipis-tipis kemudian kita akan lanjut menggoreng kerupuk kerupuk digorengnya sesuai selera kerupuk apa aja boleh kita goreng setelah selesai kita lanjut ke membuat sambal. Untuk membuat sambal disini juga cukup udah ya boleh pakai cabe yang direbus udah diulek gitu aja juga boleh jadi simpel aja sih atau cabenya ini digoreng kemudian langsung di ulek halus kan dah sisihkan. Untuk sambal ini tidak perlu diberi bumbu karena nanti dalam kuah bubur nya sudah ada bumbunya jadi takutnya nanti terlalu asin atau rasanya mengubah rasa ya jadi sebaiknya sambelnya tawar aja yang penting pedasnya aja.

Baca juga : cara membuat keripik sukun

Udah selesai semuanya tinggal kita masak untuk kuah bubur nya yaitu ayam santan gurih ya kayak seperti opor menurut saya opor yang gurih jadi kita membuat opor ayam yang gurih gitu. Selanjutnya kita buat bumbu untuk membuat kuah bubur ya bumbu opor Ya seperti bawang merah bawang putih ketumbar kemiri terus dikit merica garam penyedap rasa kita ulek sampai halus jangan lupa diberi kunyit sedikit ya kemudian diberi lengkuas sama daun salam sama sereh untuk ke baiknya digeprek ya.

Setelah semua bumbu halus kemudian kita tumis bumbunya kemudian sambil menulis bumbu kita siapkan boleh pakai santan instan ataupun boleh pakai santan dari kelapa Asri jadi siapkan santan yang kental ya. Kira-kira kita membutuhkan 500 mili untuk kuahnya ya kekuasaan tanya. Atau setara dengan setengah liter atau boleh lebih juga boleh setengah 1 liter misalkan pengen banyak yang berkuah atau pengen banyak kuahnya. Kemudian setelah bumbu harum kita masukkan santan nya ya untuk santan encer nya dulu karena nanti sampean kenalnya kita masukan terakhir. Setelah itu dimasukkan Bumbu gepreknya tadi ya lengkuas serai daun salam dan masukkan juga. Sudah masuk kemudian ayamnya kita sebelumnya ya kita cuci bersih kemudian direbus rebusan pertamanya seperti biasa dibuang kemudian duduk kembali baru ayamnya.