Resep Kupat Tahu

Kembali lagi bersama bunda ratna. Kali ini bunda akan membahas resep masakan nusantara. Dalam artikel ini saya akan membagikan resep Bagaimana cara membuat kupat tahu. Apakah ada yang belum tahu bagaimana cara membuat kupat tahu atau ada yang sudah pernah lihat di pinggir jalan masakan bernama kupat tahu. Apa sih makanan kupat tahu itu ada yang belum tahu. Baik kali ini saya akan menjelaskan sedikit Bagaimana cara membuat kupat tahu atau gambaran kupat tahu itu apa sih.

Masakan kupat tahu itu sebenarnya itu simpel Ya mirip seperti buat cowok tapi berbeda yang ya Ada tahunya ada kupat nya dan juga bumbu pecel nya. Mungkin masakan kupat tahu ini khas Jogja mungkin ya atau Jawa bisa jadi di luar Jawa mungkin jarang yang ada kupat tahu ini. Nah kali ini saya akan membagikan Bagaimana cara membuat resep kupat tahu. Jadi bagi kalian di luar Jawa atau di manapun yang belum tahu apa itu gua tahu tapi tetap bisa makan kupat tahu di rumah dengan mengikuti semua langkah-langkah dalam membuat kupat tahu dalam artikel ini. Simak baik-baik ya jangan lupa simak terus artikel ini.

Yang pertama yang perlu disiapkan dalam membuat tahu kita akan siapkan cara membuat kupat terlebih dahulu. Di sini ketupatnya saya akan membuat SIM pelajar boleh menggunakan lontong dengan bungkus daun pisang atau juga boleh menggunakan lontong dengan bungkus plastik yang lebih praktis boleh ya Bun sesuai selera kalian. Jadi bagi kalian yang susah mendapatkan janur atau daun kelapa muda untuk membuat kupat bisa menggunakan daun pisang. Natal bagi kalian yang untuk membuat kupat ini susah mendapatkan daun kelapa ataupun daun pisang bisa juga menggunakan plastik. Kalian bisa memilih plastik ini jenis plastik ini di toko plastik yang food grade gigi yang aman untuk dikukus plastiknya tinggal itu bahaya ya.

Ini saya akan membagikan resep membuat kupat terlebih dahulu yang terbuat dari plastik yang simpel yang banyak orang mudah untuk mencari bahan-bahannya di kota bisa mungkin kalau di desa kalian bisa menggunakan daun ya seadanya bisa daun pisang ataupun daun kelapa muda. Kalau plastik ini kita mudah ya kita ambil pasti kira-kira akan membuat sekitar plastik 1 ons ya bisa.

Kita masukkan beras sakit kamu aja kira-kira sih kalau ditandai 2-3 sendok aja. Lalu kita bungkus ujungnya kita lipat plastik nya jangan terlalu pendek ya jadi beri ruang beras itu nanti ketika bercampur dengan air lebih banyak talinya jadi sehingga kalau si kerasnya itu nanti mengembang lembek pulen. Foto PR membungkus aktifnya dikenal kereta api jadi di Starbuck ya dibungkus dilipat demikian dengan menggunakan lilin dipanaskan sudah dipencet-pencet uangnya terus sampai habis. Kemudian setelah itu baru kita sukai suka dengan menggunakan tusukan sampai atau lidi untuk memberi ruang Airnya masuk ke dalam plastik ganti ketika di direbus. Setelah itu masukkan kalau aku pas bagian kiri pas lagi ke dalam panci presto Bukan Cinta besar dan sudah diberi air yang banyak tapi jangan terlalu penuh nanti takut luber.

Kemudian setelah itu kita kukus eh kita rebus sampai matang ya kira-kira sih 1 jam Mungkin cukup ya bisa menggunakan api kompor atau bisa menggunakan api dengan tunggu lebih cepat. Jika Inpres sudah mulai mengembang dan menjadi nasi dan berubah menjadi besar besar yang lembek itu teksturnya sudah dikupas sudah matang kita matikan kompor atau kita angkat dan tiriskan.

langkah selanjutnya kita akan membuat kupat tahunya Oke topinya yah di sini kita akan siapkan tahu kira-kira 1 bungkus isi 5010 ya kita potong potong kecil-kecil jatuh kemudian kita goreng sampai dari tapi jangan terlalu kering setengah matang aja. Setelah itu kita siapkan tempe satu lonjor dipotong juga kotak-kotak tapi jangan kayak gitu tapi juga jangan terlalu bisa dikatakan dan goreng setengah matang akan selalu kering. Ingat ya Bunda menggorengnya jangan terlalu kering nanti takut berubah jadi kering tempe deh bukan membuat kupat tahu Hehehe bercanda aja ini.

Setelah semua tahu dan tempe nya digoreng setengah matang terakhir udah kuning kecoklatan tapi tidak terlalu kering ya kita akan Siapkan bumbu kupat tahunya. Kita akan siapkan 1 butir atau 1 buah atau 21 juga mencakup ya satu buah kelapa atau gula jawa Aren atau gula terserah gue cewek yang penting direbus terlebih dahulu sampai cair. Kemudian kita siapkan sambel pecel nya boleh beli di luar Yan boleh atau misalkan kalian nggak mau kacang boleh pakai gula jawa aja. Kemudian siapkan satu siung bawang putih kemudian cabe rawit sekitar 3 buah dan 5 buah tas sesuai selera kalian aja di ulek kasar aja. Setelah itu kita siapkan tokek yang di mentah ya begitu dulu kemudian boleh di siram air panas aja untuk menghilangkan kuman kuman. Kemudian kita siapkan juga irisan kubis boleh juga ditambahkan dengan bawang goreng.

Selanjutnya kita akan menyajikan Bagaimana cara membuat kupat tahu. Pertama kali kita siapkan piringnya kemudian kita akan membuat bumbunya kita ambil tadi ulekan cabe bersama bawang putih yang udah dulu kasar kemudian ambil satu Irus gula jawa boleh tambahkan bumbu kacang juga boleh di aduk-aduk sampai rata. Setelah itu beri potongan kupat atau tahu kupat atau lontong atau sejenisnya 1 buah aja kemudian dipotong-potong dadu Setelah itu kita masukkan satu jemput tempe tahu ya besok selera. Kemudian masukkan juga sayur tauge yang sudah disiram air panas tadi juga saya kopinya boleh juga disampaikan atau enggak bolehjuga. Kemudian setelah itu kita tambahkan bawang merah kurun dan juga irisan ketimun juga boleh kalau boleh tambahkan telur rebus boleh juga ditambahkan gorengan bakwan yang tidur Suryanto yang dipotong-potong 1 boleh itu akan menambahkan nikmat kupat tahu atau boleh juga dicampur dengan daun selada yang sedap.

Nah itu tadi tampilan atau cara membuat kupat tahu bagi kalian yang belum tahu bisa dipraktekan dirumah dan dirasakan sendiri bagaimana rasa enaknya kupat tahu ini. Sekian resep kali ini semoga bermanfaat Semoga bisa juga dipraktekkan di rumah dan berhasil ya simak artikel artikel selanjutnya sampai jumpa.