Resep Membuat Ikan Dori Bakar-Kali ini dalam saya akan menjelaskan cara membuat ikan Dori bakar. Ini ikannya bagus sekali ya bunda untuk anak-anak karena tidak ada durinya kalau sudah di fillet saya sih Belinya di pasar sudah bersih ya. Jadi ikan durinya itu sudah di fillet dan bersih tanpa duri satupun jadi ini cocok sekali untuk anak-anak. Karena Bunda tidak perlu khawatir lagi ketika mereka makan ikan mereka makan durinya. Harga ikan Dori ini juga cukup relatif murah ya Bunda saya beli ikan Dori itu sekitar mungkin 1 ikan ya besar ya sekitar 5 jari 5 jari telapak tangan itu dua yaitu itu Rp20.000 sampai Rp25.000 Bunda jadi memang benar-benar murah daripada yang lainnya udah ada durinya tinggal kita masak sudah dipilih jadi tinggal dimasak aja.

Baca juga : Cara membuat udang bakarmadu

Jadi disini kita akan membuat ikan bakar durinya dua apa ya dua ikan ya jadi satu atas dua gigi aja atas bawah sedikit aja resepnya. Yang pertama ikan teri sudah ya dibersihkan dicuci kemudian kita lanjut untuk membuat bumbunya. Dalam membuat bumbu ini cair juga simpel aja bunda boleh pakai kalau kalian suka pakai yang bumbu marinasi ikan yang sudah jadi boleh beli ya yang biasanya invite itu yang itu boleh gimana sih pakai itu ataupun boleh dengan meracik sendiri.

Resep Membuat Ikan Dori Bakar

Resep Membuat Ikan Dori Bakar

Kalau saya biasanya meracik sendiri bumbu marinasi untuk ikan nya sih cukup dengan bawang putih sedikit merica dan garam kemudian di kasih kunyit sedikit ke ujung jari telunjuk mungkin ya agar mengurangi bau amisnya di balurkan ke seluruh ikannya. Kemudian setelah itu kita akan menyiapkan bumbu olehnya untuk bakarnya ya. Untuk bumbu oles nya kita perlu 1 SDM saus tiram 2 sendok makan saus tomat kemudian satu sendok makan kecap manis kemudian kalau anaknya suka sudah suka pedas Bunda boleh ditambahkan 2 sendok makan saus pedas atau kalau misalkan tidak suka pedas ya atau belum waktunya makan pedas berarti kita skip aja saus pedas nya.

Kemudian campur semua saus tadi ya sampai rata Kemudian tambahkan 2 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan boleh atau yang enggak diantar juga boleh dicampur nanti dia akan meleleh sendiri atau mencair sendiri bunda.

Baca juga : cara membuat arem arem tempe

Kemudian jika bumbu oles sudah siap kita oleskan ke ikan yang udah dimarinasi tadi yang ditambahkan dioleskan kedua Sisi kemudian kita panggang atau kita bakar diatas teflon. Kalau Bunda nggak mau pakai telepon atau mau yang aroma bakarnya itu lebih terasa boleh pakai bakaran api arang ya Bunda memang lebih bagus itu ya tadi di boleh dibakar dengan apa aja sih terserah Bunda aja.

Kemudian kita sudah lumuri bumbu oles kita tinggal bakarnya dengan api kecil atau dengan jangan terlalu menyala artinya ketika menggunakan Bara Api atau menggunakan arang ya jadi kecil aja sampai merata matangnya. Kemudian setelah ikan tadi sudah setengah matang di oleskan kembali ya Bumbu oles nya yang lebih banyak boleh dioleskan kedua Sisinya baru kita bakar lagi boleh Diulangi sampai ikan memang benar-benar meresap bumbu oles nya ya ke dalam ikan.

Jika ikan sudah dipanggang boleh kita pleting atau kita santap dengan berbagai sayuran oseng boleh sayur atau sambal biasanya cocok lebih cocok ke sambal ya. Boleh dengan sambal tomat sambal terasi ataupun sambal lombok ijo juga enak Pokoknya aneka sambel itu enak sekali dengan nasi hangat cah enak mantap. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa dicoba dirumah sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya