Kali ini dalam artikel ini saya akan menjelaskan Bagaimana cara membuat jadah ketan. Ada yang sudah tahu bagaimana cara membuat jadah ketan ini atau ada yang sudah pernah memakan jadah ketan ini. Jadah merupakan makanan khas Jogja mungkin ya Atau mungkin Jawa Tengah. Karena saya banyak menemui wajah ini di wilayah Jawa saja. Atau mungkin di wilayah lain atau luar Jawa mungkin juga ada kue jatah ini namun berbeda namanya juga bisa jadi ya. Kalian yang di luar Jawa menyimak artikel ini kalian boleh loh komentar di artikel ini kalau di daerah Kalian juga ada penjajah ini namun berbeda namanya komen ya jangan lupa.

Resep Membuat Jadah Ketan


Nah saya akan menjelaskan sedikit rasa dan tampilan dari kue jadah ini. Secara umum sih kue jadah ini rasanya gurih asin legit ya lengket gitu ya. Kemudian untuk teksturnya sih ya lembut ya tapi tergantung nanti mulainya atau di apa ya Bahasanya ya itu tuh atau dihaluskan mungkin lebih tepatnya. Kemudian dipotong-potong atau dibentuk sesuai selera. Kalau di Jogja kue jatah ini biasanya merupakan salah satu oleh-oleh atau makanan khas Kaliurang jadah tempe. Mungkin di tempat kalian ada jatah ini juga bisa jadi. Nah cara pembuatan gojek Ah ini tidak jauh berbeda loh Bunda dari cara membuat wajik seperti artikel sebelumnya.

Pertama-tama kita perlu seperempat kilo beras ketan yang direndam terlebih dahulu Satu Malam. Kelapa tua yang sudah diparut kemudian diambil santan kental nya sekitar 200 sampai 500 mili. Kemudian siapkan juga sejimpit garam ya. Kemudian langkah pertamanya beras ketan yang sudah direndam kita cuci bersih kemudian kita kukus selama 20 menit. Kemudian setelah beras ketan nya matang kita campur kan santan sedikit demi sedikit. Santannya kira-kira secukupnya aja karena kalau jika kebanyakan nanti takut lembek kalau misalkan terlalu sedikit takut santan ketan nya juga keras. Jika beras ketan nya sudah tercampur dengan santan secukupnya kita juga beri sedikit garam kemudian kita kukus kembali selama 20 menit.

Setelah kira-kira 20 menit beras ketan nya sudah matang kemudian kita matikan kompor dan kita haluskan boleh dengan ditumpuk dengan lumpang atau ditumpuk dengan baskom besar boleh dengan ulekan juga boleh ya Bunda yang penting bisa menumbuk ketan sampai halus. Untuk teknik menumbuknya sih simpel aja bunda tinggal di bolak-balik sambil ditumpuk pakai ulekan terus sampai lembut mudahan bisa kita cetak dengan menggunakan loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak goreng baru. Kenapa harus minyak goreng baru karena kalau minyak goreng bekas nanti bisa mempengaruhi rasa dan juga aroma ya jadi diusahakan minyak goreng yang baru.

Kemudian setelah dingin kita bisa potong-potong jadah dengan menggunakan pisau yang diberi alas plastik bening dipotong-potong sesuai selera ya Bunda. Kemudian bisa kita sajikan dengan parutan kelapa atau dengan tempe bacem. Biasanya kalau di daerah Kaliurang khasnya memang jadah ini disantap dengan tempe bacem. Jika kalian makan menyantap jadah ini dengan tempe bacem saya akan beri tipsnya juga deh tempe bacem yang simpel aja ya jadi nggak terlalu panjang lebar.

Untuk membuat tempe bacem ini juga sangat simpel ya Bunda yang pertama kita perlu siapkan tempe daun yang dibungkus daun kecil-kecil itu biasanya sih 1005 atau 1002. Kemudian kita siapkan bumbunya bumi simpel aja udah cukup dengan bawang merah bawang putih kemiri ketumbar diulek sampai halus. Pujian bisa ditambahkan gula secukupnya garam secukupnya dan kaldu. Baceman tempe ini dimasak dengan menggunakan gula jawa yang hitam untuk menghasilkan tempe bacem yang gurih dan legit setelah sudah diungkep sampai mata sampai air menyusut tinggal kita goreng sebentar.

Dan Ntar aja dah bisa disantap dengan tempe bacem atau cerdas juga boleh lho Bunda dalam adonan beras tadi beras ketannya tadi diberi taburan kelapa parut itu juga akan menambah rasa enak gurihnya lebih terasa gitu bunda. Jika dalam adonan jadah tadi kita beri taburan kelapa atau beri parutan kelapa usahakan ya Bunda kelapanya jangan terlalu tua jadi biasanya menggunakan kelapa muda aja agar tidak teksturnya tidak keras.