Kembali lagi bunda bersama artikel tentang masak-masakan. Baik Bunda kali ini dalam artikel ini saya akan membagikan resep memasak sayur santan daun singkong. Daun singkong merupakan sayuran yang banyak ditemui di pedesaan Biasanya sih tumbuh di pekarangan atau pinggir-pinggir rumah ya. Atau bisa juga tumbuh di kebun belakang rumah atau samping rumah sampai depan rumah. Tapi kalau di kota Biasanya sih daun singkong harus beli dulu bunda. Daun singkong di kota merupakan sayur yang mudah ditemui Bunda Biasanya sih Di pasar atau abang-abang sayur yang suka keliling.

Resep Sayur Santan Daun Singkong

Kalau di tempat saya daun singkong ini di tempat Abang Abang keliling sayur itu 1 ikat daun singkong murah sekali cuma Rp2.000 aja. Namun kalau di pasar kemungkinan sih lebih murah juga bunda biasanya Siti kaiket itu biasanya sampai Rp5.000 boleh. Kalau di desa kita tinggal petik kalau di desa juga kita bisa memilih daun singkong yang lebih mudah karena nanti ketika merebusnya cuma sebentar tidak membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun kalau di kota sayur daun singkong ini biasanya lebih apa ya namanya kerak-kerak atau lebih kalau atau lebih tua. Sehingga sangat perlu merebus yang lebih lama.

Namun kali ini saya akan mencoba membagikan resep sayur daun singkong di perkotaan aja ya Bunda yang banyak ditemui Biasanya sih daun singkong ini lebih tua jadi membutuhkan perebusan yang lumayan lama. Pertama-tama kita akan membuat sayur daun singkong dimulai dari memetik daun singkongnya dari batangnya jadi kita petik ya kita bersihkan daun singkong dari batangnya. Kemudian sambil merebus air yang diberi sedikit garam agar rebusan daun singkong tetap berwarna hijau cantik. Kemudian setelah air mendidih kita baru memasukkan daun singkong yang sudah dipisahkan dari batangnya.

Tanda daun singkong yang sudah matang yaitu ketika kita pencet batang daun singkong nya itu sudah empuk jadi kita boleh angkat dan tiriskan daun singkongnya. Boleh juga daun singkong ini dicuci ya bunda untuk menghilangi rasa pahit karena kalau di kota itu daun singkong yaitu dari singkong yang bermacam-macam jadi nggak singkong yang enak dimakan kadang sih singkong yang pahit gitu Jadi ada rasa pahit pahit nya. Untuk itu kita perlu mencuci kembali kemudian diperas sampai tidak cair baru kita potong potong kecil-kecil untuk memudahkan ketika memasaknya.

Oke selanjutnya kita akan membuat bumbu sayur santan nya. Bumbunya ini juga cukup simpel dan mudah yaitu terdiri dari bawang merah bawang putih ketumbar terus kemudian sedikit kunyit garam dihaluskan sampai halus. Bisa menggunakan Chopper atau menggunakan ulekan manual. Kemudian kita tambahkan bumbu keprek nya terdiri dari daun salam daun serai atau batang sereh kemudian 1 ruas lengkuas. Setelah bumbu sudah di ulek halus dan semua pembuka presentasi keprek kita tumis sampai harum.

Oh iya tadi saya lupa untuk menyiapkan santannya Jadi sebelum menulis bumbu kita siapkan dulu santannya ya. Untuk banyak santannya itu tergantung selera bunda ya mau banyak buahnya kemudian mau encer santannya atau kental santannya terserah Bunda aja jadi kita perlu siapkan sekitar 500 mili sampai 1 liter santan terserah terserah Bunda aja. Untuk santannya juga selera ya mau santan instan atau santan dari kelapa asli yang memeras sendiri.


Kemudian setelah bumbu-bumbu tadi ditumis kita selanjutnya masukkan daun singkongnya dulu boleh. Dilanjut kita masukkan santan encer nya sedikit aja kita aduk-aduk sampai santan yaitu mendidih. Setelah mendidih kita masukkan daun singkongnya kita tumis-tumis kita koreksi rasa. Untuk sayur santannya ini boleh ditambahkan rese ya Bunda atau FB yang kecil-kecil itu untuk memper gurih rasa dan sayur daun singkong nya.

Mungkin itu tadi resep sayur daun singkong santan kuah santan yang enak untuk makan siang maupun makan malam keluarga kita. Sayur daun singkong ini juga sangat cocok di barengi dengan lauk apa aja bisa ikan asin kemudian bisa ikan teri ikan tongkol goreng atau tempe goreng sampai tahu goreng. Jangan lupa ya saya belum singkongnya ini memang lebih ke gurih Jadi kalian harus membuat sambalnya jika kalian suka pedas. Sekian artikel dari saya jangan lupa simak artikel artikel selanjutnya sampai jumpa di artikel selanjutnya.