Visi dan Misi FPPTMA

Cara Membuat Camilan Krecek

Halo Bunda Bunda sekalian kembali lagi bersama artikel tentang masak-masakan. Kali ini saya akan membagikan resep camilan kali ini Bunda camilan yang unik menarik enak dan wajib kalian coba di rumah. Yaitu saya akan membuat krecek atau camilan yang berasal dari singkong atau ketela pohon. Ini merupakan salah satu camilan yang sangat enak bunda jadi singkong ini nggak cuma hanya dibuat menjadi camilan keripik singkong ataupun yang lainnya namun bisa kita kreasikan menjadi camilan yang unik menarik dan enak pastinya.

Cara Membuat Camilan Krecek


Krecek ini juga camilannya bisa tahan lama Bunda bisa 1 tahun 2 tahun tanpa melempem mau tahu rahasianya kenapa jangan kemana-mana ya terus Simak artikel ini. Yuk kita intip Bagaimana proses pembuatan camilan krecek ini. Langsung enggak proses pembuatannya yang pertama kita perlu siapkan yaitu singkong atau ketela pohon yang enak atau singkong yang tidak pahit ya Pilih singkong mentega boleh singkong kuning boleh atau yang enak Pokoknya. Karena ada beberapa jenis singkong atau ketela yang memang pahit jika dimasak jadi memang cocok untuk membuat gaplek atau di WA tadi ya seperti artikel yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Namun kali ini kita membutuhkan jenis singkong yang enak atau jenis yang sudah saya jelaskan di atas. Setelah kita pilih kemudian kita kupas kita potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera ya. Kemudian kita kukus selama kurang lebih 20 sampai 30 menit sampai singkong benar-benar matang. Kemudian setelah singkong matang kita tunggu diamkan dulu sampai tidak panas agar nanti memudahkan proses pemotongan krecek.

Oh ya Bunda Sebelum saya lanjut ke proses pembuatan kerajaan di sini berbeda ya Bunda dari kerajaan pada umumnya yang berasal dari kulit hewan Biasanya sih kulit kulit sapi ya yang biasanya di pasaran kemudian dibuat kerupuk menjadi gurih enak terasa kerupuk sapi gitu ya tapi beda ini kresek yang terbuat dari singkong Biasanya sih nama lainnya selain krecek yaitu menggiling boleh. Atau mungkin nama yang lain di sekitar kalian yang mirip dengan resep ini boleh di ikan dengan mengomentari web ini atau Saya pernah dengar nama lain yaitu Balung kethek. Tapi pada intinya sih sama yaitu krecek kita lanjut ke proses pembuatannya.

Nah setelah dikukus matang dingin kita baru motong motong krecek nya kita potong berdiri ya jadi potongan singkong tadi kan bulan-bulanan di belah jadi 2 kemudian separuhnya itu kita ambil kita potong-potong apa ya dari atas ke bawah ya berdiri jadi menghasilkan panjang-panjang nanti potongannya. Potong semua singkong yang sudah dikukus tadi sampai habis Dia kemudian kita Tata di tempat pengeringan boleh menggunakan tampah atau Ian atau yang lain lah kalau di daerah Gunung Kidul itu sebenarnya atau dengan menggunakan nampan juga boleh ditata yang rapi kayak seperti kita menjemur kerupuk ini dikeringkan selama kurang lebih 3 - 4 hari ya di Matahari terik tergantung panas matahari nya dibolak-balik sampai kering benar-benar kering.

Setelah Kretek kering barulah kita goreng seperti kita menggoreng kerupuk mentah pada umumnya. Yaitu dengan menyiapkan wajan yang berisi minyak goreng sampai mendidih atau panas barulah kita masukkan kereta yang sudah kering dibolak-balik sampai matang dan tiriskan terus sampai ke raja yang mau digoreng habis. Nah tips krecek awet atau disimpan itu awet bertahun-tahun itu yaitu dengan menyimpan kerajaan yang sudah dikeringkan tadi ke wajah yang aman atau kedap udara ya bunda agar tidak kemakan bubuk atau hewan-hewan lainnya.

Jadi ketika kita menggorengnya secukupnya aja kita nya habis ketika kita goreng jadi nggak banyak-banyak jadi ketika kita mau menggoreng kita tinggal ambil aja yang masih mentah baru kita goreng dan seterusnya. Oh iya Bunda saya lupa tadi sebelum kita mengukus ya Bunda kita boleh membumbui terlebih dahulu krecek nya. Jangan bumbu ketumbar bawang putih garam penyedap rasa secukupnya sesuai selera Bunda. Baru kemudian krecek di iris-iris dikukus kemudian diiris-iris baru kita jemur jadi memang bumbunya itu ikut kering ya bunda jadi memang meresap ke gerejanya karena kita punya kita kukus tadi.

Atau misalkan tidak di bumi juga nggak papa jadi ketika proses penggorengan selesai kita boleh bumbu dengan Bumbu pedas boleh seperti kita membuat keripik pedas ya dengan cabe gula garam penyedap rasa dan yang lainnya jadi dimasak kemudian dimasukkan ke raja yang sudah matang Udah diaduk-aduk sampai merata. Sehingga jadilah krecek pedas variasi baru di daerah lain ada yang menyebutnya kaca pedas ini dengan Balung kethek.

Mungkin Cukup sekian bunda untuk proses pembuatan atau resep dari krecek ini. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa bunda coba dirumah sebagai camilan bagi keluarga tercinta. Atau mau simpel juga bisa Bunda tidak beli kereta yang mentah di toko-toko online. Terima kasih sudah menyimak artikel saya jangan lupa simak artikel artikel selanjutnya sampai jumpa bunda di artikel selanjutnya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.