Visi dan Misi FPPTMA

Cara Membuat Tape Ketan

Tape ketan merupakan salah satu cerminan Khas Nusantara. Camilan ini mempunyai bahan dasar yaitu beras ketan. Setelkan bahan yang dibutuhkan dalam membuat tape ketan yaitu daun pisang kemudian ragi dan juga gula putih. Lalu bagaimana tahapan-tahapan dalam membuat tape ketan.

Cara Membuat Tape Ketan

Pertama kita siapkan beras ketan terlebih dahulu kira-kira 1 kilo beras kemudian beras tersebut kita cuci sampai bersih Lalu kita rendam kira-kira setengah hari. Setelah beras ketan kita rendah maka tahapan berikutnya kita siapkan panci yang akan kita gunakan untuk mengukus ketan tersebut. Sehingga jangan lupa Nyalakan kompornya lalu Letakkan panci pengukus nanti kasih air secukupnya kemudian kita kukus ketan yang sudah direndam tadi di atas panci pengukus. Kita tunggu kira-kira sampai setengah jam kita lihat apakah sudah matang atau belum.

Langkah berikutnya dalam membuat tape ketan setelah kita mengukus ketan tersebut yaitu kita taruh ketan yang sudah dikukus tadi ke dalam nampan kemudian kita kipas-kipas sampai ketan tersebut dingin. Kalau kita campuri gula putih kira-kira setengah kilo kita aduk sampai rata kita tunggu sampai ketan bener-bener dingin. Setelah itu kita ambil daun pisang modelnya kita lap sampai bersih kalau kita jemur kira-kira 10 menit sampai daun tersebut layu tujuannya agar bisa digunakan untuk membungkus tape tersebut dengan sempurna.

Langkah berikutnya dalam membuat tape ketan ini kita ambil 2 sendok ketan yang sudah dikukus dan sudah dikasih gula tadi kemudian kita bungkus dengan tahun kemudian ketika semuanya sudah dibungkus dengan daun maka kita taruh tapi tersebut di dalam wadah misalnya di dalam plastik kemudian kita tali paling kita tunggu kira-kira 1 sampai 2 hari.

Setelah tapi kira-kira berumur 1 sampai 2 hari maka langkah berikutnya kita cek Apakah tape sudah matang atau belum. Ketika tape sudah matang maka tapi siap dimakan. Di Jogja sendiri biasanya tape ketan dinikmati dengan emping melinjo. Emping melinjo ini biasanya digoreng kemudian digunakan sebagai media sendok untuk memakan tape ketan tersebut. Bagi Bunda yang mempunyai sakit perut atau mempunyai penyakit ginjal maka tidak disarankan makan tape dalam jumlah yang banyak karena tape Ini mengandung alkhl sehingga akan memberikan Efek panas terhadap perut kita. Selain itu bagi Bunda yang mempunyai penyakit asam urat juga tidak direkomendasikan makan tape dengan menggunakan melinjo karena mengunjungi salah satu sumber dari penyakit asam urat.