Visi dan Misi FPPTMA

Resep Sayur Gudeg

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bunda Kembali lagi bersama saya di artikel tentang masak-masakan. Kali ini dalam artikel ini saya akan membagikan resep sayur gudeg.

Resep Sayur Gudeg

Ada yang tahu sayur gudeg ini berasal dari mana ya betul sekali yang jelas sayur gudeg ini berasal dari Jogjakarta. Mungkin bagi sebagian orang sudah kenal ya sayur gudeg dari Jogja ini yang ciri khasnya adalah manis gurih dan nagih. Bagi kalian yang sudah pernah tinggal di Jogja Pasti kalian sudah merasakan sayur gudeg ini dan jika kalian kembali lagi ke kota asal kalian kalian pasti akan kangen dengan sayur gudeg ini. Contohnya si mahasiswa ya biasanya mahasiswa itu kalau sudah tinggal di Jogja sudah cinta dengan Jogja sudah memakan pahit asin asemnya Jogja manisnya Jogja pastilah sudah pernah memakan gudeg dan akan rindu dengan kebiasaan atau makan-makanan Jogja.

Nah tapi jangan khawatir Mas mas mbak ibu-ibu bunda-bunda sekalian untuk mengobati rasa Kerinduan kalian dengan Jogja Saya akan membagikan sedikit resep gudeg Jogja yang enak manis gurih dan nagih.

Proses membuat gudeg ini sangat panjang sekali ya untuk menghasilkan kotak yang manis gurih enak dan nagih. Mungkin ini merupakan resep asli gudeg jogja misalkan kalian nanti setelah membaca resep ini kalian kurang suka dengan rasa manis boleh kalian kreasikan dengan sesuai lidah kalian ya Jadi boleh dikreasikan agar tidak manis jadi cuma sayur nangka gitu juga boleh bagi kalian yang suka pedas juga boleh ditambahkan cabai nantinya.

Oke kita masuk ke proses persiapan bahan-bahan untuk memasak sayur gudeg. Pertama-tama kita perlu siapkan yaitu sayur nangka dulu atau nangkanya ya buah nangka yang masih muda kita Kupas kulitnya kita bersihkan baru kita potong-potong kecil kecil atau dicacah boleh menggunakan wadah yang besar ya Biasanya sih kalau di Jawa sih menggunakan tampah. Sampah yaitu peralatan dapur yang berasal dari bambu yang dianyam dengan bentuk melingkar mirip seperti loyang yang bentuk bulat tapi lebih lebar tujuannya menggunakan tampah agar buah nangka yang masih mudanya enggak lengket enggak licin ketika Nek kalau di loyang kalau di bambu kan dia enggak akan licin.

Setelah  nangka muda nya sudah dicuci Dan dicacah kecil-kecil kita siapkan panci besar untuk merebus nangka muda ini. Setelah air air mendidih kita masuk kan sedikit garam untuk menghilangkan getahnya agar tidak lengket dan warnanya tidak hitam ketika setelah direbus nantinya. Barulah kita masukkan semua nangka muda yang sudah dipotong-potong kecil kecil atau dicacah kecil kecil dimasak sampai matang. Setelah matang matikan kompor dan tiriskan atau boleh diperas sampai enggak ada airnya untuk menghilangkan getahnya.

Setelah itu kita akan menyiapkan bumbu dari gudeg nya. Bumbunya cukup simpel dan mudah bunda cuma memang lebih banyak rempah sebagai tambahannya ya. Pertama yang perlu kita siapkan yaitu bawang merah bawang putih kemiri ketumbar garam kaldu bubuk atau penyedap rasa boleh kita ulek sampai lembut. Untuk ketika sudah sampai lembu kunyitnya misalkan Mau ditambahkan kunyit untuk memberi warnanya juga boleh Bunda kita kulot juga ya sampai lembut. Kak itu baru tambahkan rempah-rempah gepreknya Yaitu terdiri dari 1 ruas lengkuas kemudian daun salam sereh dan mungkin sudah.

Kemudian kita juga siapkan santannya santannya kita membutuhkan santan yang kental ya Bunda santan kental ini kita dapatkan dari kelapa asli ya bukan yang santan instan karena nanti rasanya akan berbeda lebih gurih dengan menggunakan santan kelapa asli. Untuk santannya dibuatkan aja bunda misalkan kita masak sedikit lagi berarti kita perlu sekitar 1 buah kelapa tua yang kita ambil santannya yang kental aja Jadi sedikit aja bunda jadi nanti tinggal menambahkan aja jika kurang.

Kemudian setelah itu kita akan menemui bumbu halusnya ditumis sampai harum kemudian baru Masukkan bumbu geprek nya. Kemudian barulah kita masukkan sedikit air atau santan encer nya boleh Bunda daripada air ya santan encer nya secukupnya. Kemudian barulah kita masukkan nangka muda yang sudah direbus tadi kira-kira sih sampai semua nangka nya itu kena air ya bunda jadi takut nanti ketika mendidih bertanya keluar lagi dan hitam-hitam seperti itu jadi nanti takut rasanya berubah.

Nah setelah itu kita aduk-aduk sampai mendidih sampai menyusut tinggal kita koreksi rasa bertambah kan FB atau udang juga boleh Bunda atau kita tambahkan gula jawa agar mendapatkan sayur yang manisnya itu gurih-gurih beda ya daripada kita menggunakan gula pasir. Tinggal kita koreksi rasa nah saya ini sangat enak jika kita tambahkan dengan rambak rambak yang dimasak ya bukan kerupuk rambak atau ditambahkan dengan telur rebus utuh ya Bisa juga dengan daging sapi juga boleh. Sayur gudeg ini sangat enak sekali Jika di panaskan setiap hari jadi memang setiap hari dipanaskan dia akan berubah menjadi kecoklatan nah ini namanya gudeg. Karena dimasak secara berulang-ulang yang akan menghasilkan cita rasa gurih dan manis sampai air kelapa nya atau santan nya itu menyusun benda jadi memang warnanya lebih ke gelap coklatan gitu karena memang membuatnya tadi juga dengan menggunakan gula jawa dan juga dipanaskan berhari-hari menghasilkan kulit yang enak karena dipanaskan berhari-hari gitu memang enak sekali pokoknya bunda.

Jadi sebaiknya Bunda Bunda dirumah wajib mencoba resep sayur gudeg ini untuk stok berminggu-minggu nggak masalah nggak harus kita masukkan ke dalam kulkas karena kita Panaskan setiap hari jadi memang lebih nikmat kali Bunda.

Nah mungkin Cukup sekian bundar tapi dari kutek ini cukup siapa sih sebenarnya ya nggak terlalu ribet cuma memang butuh kesabaran ketelatenan dan Jangan lupa untuk memanaskan setiap hari karena ini merupakan sayur santan yang jika dipanaskan jika tidak dipanaskan akan mudah basi.

Cukup Sekian resep gudeg kali ini semoga bermanfaat Semoga bunda bunda di rumah bisa mengikuti resep ini dan mencobanya dirumah. Semoga ada yang kangen Jogja juga bisa terobati dengan mencoba resep ini juga keluarga di rumah juga sangat suka dengan sayur ini semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel selanjutnya.