Visi dan Misi FPPTMA

Resep Kue Apem Kukus mekar

Halo bunda Kembali lagi bersama artikel tentang masak-masakan. Pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial memasak apem dengan cara dikukus. Apem ini sangat mudah sekali dibuat nggak ribet simpel sekali dan sederhana. Tanpa menggunakan mixer tanpa menggunakan wajan yang harus khusus apem pokoknya simple banget lah Bunda. Di sini juga bahannya tidak banyak hanya tepung aja dan pengembang nantinya Bunda sama pewarna makanan sedikit. Untuk langkah-langkahnya pun juga tidak ribet ya tidak perlu dimixer dan tidak petlu menggunakan tape singkong. Dan apem ini dijamin mantul Bunda Mekar antigagal pokoknya bagus bunda untuk jualan atau untuk menyajikan ketika lebaran atau ketika ada tamu dan ketika ada acara apapun pokoknya tidak kalah dengan kue-kue modern zaman ini. Oke kita ke step Selanjutnya aja ya Bunda kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Resep Kue Apem Kukus mekar


Untuk bahannya disini kita perlukan tepung beras sebanyak 125 G kemudian 65 G tepung terigu kemudian santan kental 65 mili jika menggunakan santan instan atau ketika kalian menggunakan santan dari kelapa asli juga boleh sekitar 250 ml santan kental boleh santan encer boleh pokoknya seadanya di rumah Bunda. Kemudian siapkan juga gula pasir 100 gram kemudian fernipan setengah sendok teh garam setengah sendok teh dan juga pewarna makanan secukupnya sesuai selera Bunda boleh warna pink atau hijau atau merah atau kuning pokoknya terserah Bunda. Atau mau divariasikan perpaduan warna putih sama pink kayak seperti roti kukus gitu boleh Bunda Pokoknya sesuai selera Bunda agar penampilan apem ini menarik bagi kaum muda saat ini yang lebih menyukai kue-kue dari luar negeri atau kue-kue modern.

Selanjutnya kita ke proses pembuatannya proses pembuatannya juga cukup mudah Bunda pokoknya asal semua campur aja bahan-bahan yang sudah kita siapkan tadi sesuai takaran Iya Bunda kita campur aduk rata semuanya dan jangan lupa didiamkan kurang lebih satu jam Bunda kalau bisa sih lebih dari itu nggak papa. Jangan lupa ya ketika mendiamkan adonan ini jangan lupa ditutup rapat baik menggunakan serbet Atau lainnya. Tunggu sampai adonan apem ini berbuih itu yang menandakan bahwa pengembang ini sudah bereaksi. Kemudian selanjutnya kita siapkan cetakan apem sesuai selera Bunda bisa menggunakan cetakan seperti bunga mawar yang mekar atau cetakan roti kukus Bunda atau adanya cetakan di rumah juga boleh Bunda kita oleh sekolah dengan minyak agar nanti ketika mengeluarkan kuenya tidak kesulitan. Setelah itu barulah kita siapkan panci kukusan nya kita siapkan kita tutup sampai panci kukusan ini mendidih atau sudah keluar uapnya. Setelah itu barulah kita masukkan adonan apem yang sudah jadi tadi sudah didiamkan tadi ke dalam cetakan sampai adonan apem habis dan cetakan juga habis ya.

Setelah itu kita masukkan satu persatu ke dalam panci kukusan kemudian ditutup rapat dengan menggunakan server agar air bekas kukusan atau air uap tadi tidak menetes ke dalam adonan. Kemudian kita kukus kue apem tadi sekitar 20 sampai 30 menit. Setelah itu jangan lupa kita tes tusuk terlebih dahulu dengan menggunakan tusuk sate atau tusuk gigi jika pada tusukan giga tusukan sate tadi di situ kan ke dalam adonan tidak ada aturan yang menempel berarti menandakan bahwa kue apem sudah matang.

Jika kue apem ini sudah matang kita diamkan kita dinginkan terlebih dahulu barulah kita bisa keluarkan kue apem selagi dingin agar tidak hancur. Setelah kita keluarkan kue apem dari cetakan kita siap dihidangkan ke dalam piring atau siap di packing jika kalian akan menjual kue apem ini

Semoga kalian semua bisa mengikuti resep ini dan berhasil ya ketika mengikuti resep ini Pokoknya anti gagal dan semoga apa mau Kalian juga Mekar sempurna sesuai keinginan bunda bunda di rumah. Mudah bukan membuat kue apem Mekar ini Ya dengan cara hanya dikukus aja jadi kali kita masak langsung matang semuanya kalau digoreng kan kita harus menggoreng satu persatu ya kalau mengukus kan langsung sekaligus Habis selesai.

Sekian resep membuat kue apem kukus mekar ini semoga bermanfaat dan jangan lupa simak artikel-artikel berikutnya sampai jumpa di artikel berikutnya.